Sunday, December 11, 2016

Tips menghemat data internet ponsel pintar

kangsapak.com data internet


Kita sekarang hidup di jaman serba instan, serba terhubung dengan apapun termasuk terhubung daerah dengan daerah yang bisa kita dapatkan dengan fasilitas kemudahan transportasi, serta terhubung dengan dunia tak kasat mata yang sering disebut dunia maya dengan orang yang berada sangat jauh dengan kita. Bagaimana caranya kita bisa terhubung dengan orang yang berada jauh dengan kita tanpa batas ruang dan waktu, tentu saja itu semua pakai transportasi yang lebih dikenal dengan internet. Apa itu internet ?

Arti internet

Internet menurut wikipedia.org adalah (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global
Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia mempunyai arti internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit berinternet v melakukan hubungan melalui jaringan internet.

Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi suatu negara pada umumnya serta bagi pribadi yang menggunakan internet pada khususnya. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce .

Apa hubungannya internet dengan smartphone

Kangsapak.com sinkronisasi aplikasi


Smartphone atau sering juga disebut ponsel pintar adalah ponsel genggam yang mempunyai beragam penggunaan serta mempunyai multi fungsi yang menyerupai komputer. Ponsel pintar tak bisa lepas dengan adanya jaringan inter koneksi yang menghubungkan antar aplikasi dengan aplikasi lainnya yang disebut sinkronisasi antar aplikasi, sinkronisasi dibutuhkan agar aplikasi dapat bekerja dengan maksimal oleh karena itu harus dibutuhkan jaringan data atau internet.

Sudah bukan jadi rahasia umum kalau ada aplikasi ponsel pintar waktu kita membukanya ada konfirmasi "jaringan internet anda putus coba periksa lagi jaringan anda". Jadi kalau sudah ada pemberitahuan seperti itu maka smartphone mau tak mau waktu pemakaiannya harus ada sedikit atau banyak pasti butuh jaringan data.

Bisakah jaringan data distop selamanya pada ponsel pintar? Kalau ponselnya sudah rusak mungkin saja bisa berhenti jaringan datanya tapi kalau ponsel masih normal atau masih baik-baik saja maka jaringan data masih bisa mengakses ponsel dengan normal. Lalu bisakah jaringan data kita atur agar kita gak kehabisan data dalam waktu singkat? jawabannya tentu saja bisa.

Bagaimana caranya menghemat data

Kangsapak.com smartphone


Ponsel pintar memang butuh adanya jaringan data agar antar aplikasinya bisa bekerja, nah dari situ sudah tahu bahwa tanpa jaringan data maka aplikasi ponsel tak bisa bekerja normal. Lalu bagaimana caranya agar ponsel masih bekerja sementara data internet kita tetap hemat.

    # Matikan atau nonaktifkan data

Matikan atau nonaktifkan data jika ponsel tidak dipakai, ini dikarenakan ponsel tetap mengakses aplikasi dengan data internet walau ponsel dalam keadaan siaga atau tidak dalam penggunaan normal. Maka kalau kita ingin berhemat data matikan atau nonaktifkan data jika kita selesai memakainya dan nanti kalau kita memakainya lagi kita bisa mengaktifkannya.


    # Hapus aplikasi tak terpakai

Cara ini untuk menghemat data juga bisa mengurangi beban memory ponsel. Hapus atau uninstal aplikasi yang jarang terpakai atau tidak berguna sama sekali, ini dikarenakan aplikasi walau tidak digunakan masih tetap butuh jaringan data atau jaringan sinkronisasi antar aplikasi yang pasti butuh adanya jaringan data. Dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai maka kita bisa berhemat data.

    # Scan virus

Sering kita menjumpai atau menemukan ponsel yang boros data juga boros baterainya. Kita mamakai ponsel bisa saja tidak berlebihan tapi data kita cepat habis entah kemana larinya. Scanlah ponsel anda jika mengalami seperti itu, mungkin ponsel anda ada penyusup yang tak dikenal untuk menguras data dan baterai itu semua dilakukan untuk mengecek serta kalau ada pengganggu ponsel maka kita bisa menghapusnya terus supaya anda bisa berhemat data dan baterainya.

    # Gunakan aplikasi hemat data

Ini juga penting untuk bisa berhemat data, gunakanlah aplikasi browser yang bisa menghemat data. Cukup lumayan bisa menghemat data jika kita memakai aplikasi yang ramah data jadi penggunaan kita tidak terlalu boros data saat berselancar didunia maya.

    #Gunakan data dengan bijak

Gunakan data internet anda dengan bijak jika kita mau berhemat data, itu bisa dilakukan dengan kurangi penggunaan yang bisa memakan data yang cukup besar seperti streaming video dan juga download. Kita bisa download atau streaming video jika memang itu sangat diperlukan tapi kalau tidak perlu amat ada baiknya kita urungkan saja.

Seperti kata pepatah paribahasa "hemat pangkal kaya" arti dari paribahasa ini agar kita bisa berhemat dari segi apapun tapi bukan pelit, untuk tabungan hidup dihari masa depan yang lebih baik. Bagaimana sahabat dengan penjelasan kita hari ini, semoga saja banyak manfaatnya.

No comments:

Post a Comment