Friday, December 16, 2016

Kepulauan Karimunjawa paradise islands of Java

kangsapak.com kepulauan karimunjawa


Yuk kenali keindahan alam negeri kita. Dengan mengenali keindahan alam, kita bisa menambah rasa cinta pada negeri tercinta Indonesia. Indonesia terkenal dengan negara kepulauan dan surganya pulau indah, keindahan pulau - pulaunya sudah terkenal sampai kemanca negara. Diantaranya kepulauan Karimunjawa yang keindahan alamnya dan habitat aslinya masih alami. Karimunjawa terdapat alam yang masih hijau, alami dan asri. Keasriannya itu menjadikan wisatawan betah di Karimunjawa karena suasana yang ramah masyarakatnya, udara masih bersih, bagaikan surganya Pulau Jawa, maka pantaslah kalau dapat predikat karimunjawa paradise islands of Java. Dimanakah letaknya kepulauan karimunjawa?

Letak Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa yang secara administratif masuk wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah merupakan salah satu taman laut paling indah di Indonesia. Taman laut yang berada di perairan Laut Jawa tersebut menjadi salah satu destinasi wisata populer di kawasan Propinsi Jawa Tengah. Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang , hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih , penyu sisik , dan penyu hijau. Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru ( Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah.

Kangsapak.com karimunjawa



Daya tarik utama Karimunjawa adalah pulau-pulaunya yang memiliki pemandangan dan suasana yang menyenangkan, tempat penangkaran penyu, tempat bermacam habitat langka. Kawasan perairannya memiliki ombak yang cenderung sangat tenang dengan pemandangan bawah laut yang indah. Menjadikan Karimunjawa sebagai spot terbaik di Jawa Tengah untuk snorkeling. Jumlah pulau yang ada di Karimunjawa ada sekitar 27 pulau. 5 diantaranya merupakan pulau yang berpenghuni yakni Pulau Karimunjawa itu sendiri, Pulau Kemujan, Pulau Nyamuk, Pulau Parang dan Pulau Genting.

Kangsapak.com pantai karimunjawa


Tranportasi Ke Kepulauan Karimunjawa

Transportasi paling umum digunakan untuk ke Karimunjawa adalah kapal dari Semarang dan Jepara. Dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, kapal Kartini I (kapal cepat) berangkat setiap Sabtu pukul 9 pagi ke Karimunjawa dan kembali dari Karimunjawa setiap Minggu siang, lama penyebrangan 2-3 jam perjalanan.

Transportasi yang dari Jepara sendiri dari pelabuhan pantai Kartini (Jepara) terdapat kapal yang berangkat ke Karimunjawa 6 kali dalam seminggu, kecuali hari Kamis. Jadwal ini bisa berubah sesuai dengan cuaca atau ombak di Laut Jawa. Kalau seandainya terjadi gelombang tinggi maka pihak perhubungan di pelabuhan tidak akan memberikan izin pelayaran, dan jadwal keberangkatan kapal akan berubah mengikuti perubahan cuaca. Pelabuhan Jepara juga bisa membawa mobil dan motor untuk diseberangkan ke Karimunjawa.

Yang dari jalur udara juga sudah ada, jalur udara dapat ditempuh dari Bandara Ahmad Yani (Semarang) menuju Bandar Udara Dewadaru di Pulau Kemujan dengan pesawat yang disediakan dari Maskapai Airfast Indonesia dengan waktu penerbangan kurang lebih 40 menit.

No comments:

Post a Comment