Tuesday, December 6, 2016

Membuat minyak kelapa dengan biaya murah

kangsapak.com buah kelapa


Minyak kelapa adalah minyak yang terbuat dari bahan baku murni yaitu dari kelapa segar yang diproses dengan tanpa pemanasan atau juga dengan pemanasan serta tanpa bahan kimia. Proses membuat minyak kelapa sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa perlu keahlian khusus.

Keunggulan minyak kelapa dibandingkan minyak goreng lainnya adalah tingkat keawetan minyak kelapa bisa bertahan lama, bisa sampai 12 bulan. Di samping itu juga keunggulan lainnya minyak kelapa berbau harum segar dan tidak tengik. Selain keungulan minyak kelapa diatas masih ada lagi keunggulan minyak kelapa lainnya, yaitu:

  • Tidak membutuhkan biaya yang mahal karena tidak menggunakan teknologi khusus.

  • Bahan baku mudah didapat dengan harga yang murah karena setiap daerah hampir dipastikan ada tumbuh pohon kelapa.

  • Pengolahan yang sederhana dan tidak terlalu rumit karena tidak diperlukan keahlian khusus untuk bisa membuat minyak kelapa.

  • Penggunaan energi yang minimal, karena tidak menggunakan bahan bakar, sehingga kandungan kimia dan nutrisinya tetap terjaga terutama asam lemak dalam minyak.

Ada 2 macam cara untuk membuat minyak kelapa yaitu dengan cara pemanasan dan cara tidak dengan pemanasan, yang tidak dengan pemanasan bisa juga disebut dengan cara fermentasi alami. Untuk lebih jelasnya kita uraikan satu persatu bagaimana cara membuat minyak kelapa.

Cara fermentasi


Kangsapak.com minyak kelapa


Cara ini adalah cara yang paling sangat sederhana sekali, sebab tanpa biaya mahal untuk membuatnya. Lalu bagaimana proses membuatnya?

  • Untuk pertama kali baiknya memulai dengan jumlah kecil dan jika anda puas maka anda dapat mencoba dengan jumlah besar.

  • Pertama persiapkan dulu bahan bakunya seperti kelapa, parutan kelapa dan gelas / toples transparan.

  • Kupas kelapa untuk memisahkan daging kelapa dengan kulitnya kemudian parut daging kelapa dan peras dengan air untuk diambil santannya.

  • Kemudian air perasan kelapa tadi kita masukkan dalam botol / toples transparan. Kemudian taruhlah ditempat yang aman dan biarkan selama sekitar 20 jam pada suhu sekitar 32 derajat celcius.

  • Setelah didiamkan selama seperti yang diatas, hal ini memungkinkan air untuk menetap atau mengendap di bagian bawah. Anda dapat melihat minyak mengambang di atas air. Anda kemudian dapat menyaring minyak yang sudah berwarna menjadi kuning atau berwarna pucat.

Keunggulan minyak kelapa dengan cara fermentasi adalah tanpa sedikitpun menggunakan bahan kimia. kemudian cara yang kedua:

Cara Pemanasan


Kangsapak.com membuat minyak kelapa


Cara yang kedua untuk membuat minyak kelapa adalah dengan pemanasan. Sebelumnya persiapkan dulu bahan-bahannya seperti kelapa, wajan atau tempat untuk memanaskan.

  • Kupas kelapa dari kulitnya kemudian parut kelapa. Dalam metode ini anda harus mengekstrak atau memeras santan dari daging kelapa, sesuai metode yang dibahas di atas.

  • Setelah parutan kelapa diperas dan diambil santannya kemudian santan dimasukan kedalam wajan, perlu diperhatikan air santan harus dipanaskan di atas api yang kecil. Anda harus mengaduk air santan tadi terus menerus saat memasaknya.

  • Setelah dipanaskan dan diaduk terus maka larutan tersebut menjadi tebal, minyak mulai memisahkan diri dari campuran larutan. Air akan menguap dan meninggalkan minyak. Masak selama beberapa waktu yang diperlukan.

  • Setelah dingin, isilah minyak dalam botol yang bersih. Minyak kelapa buatan anda telah siap dan anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk perawatan kulit atau rambut bahkan memasak.

Itulah serangkaian bagaimana cara membuat minyak kelapa sendiri dengan biaya murah tapi hasilnya tidak murahan, sahabat bisa praktekkan sendiri dan lihat serta rasakan manfaat minyak kelapa untuk sehari-hari.

No comments:

Post a Comment