Monday, November 28, 2016

Cara kreatif membuat perangkap tikus sendiri

Rumah yang bersih itu tandanya rumah rumah tersebut sehat dan sehat pula para penghuninya, kebersihan rumah adalah hal mutlak yang tidak bisa ditawar oleh siapapun. Tidak ada salahnya bila orang tua mengajarkan cara menjaga kebersihan rumah pada anak-anaknya, mulai dari yang sepele seperti kebersihan badan yang bebas dari kotoran sampai kebersihan rumah, karena cara seperti itu bisa mendidik anak untuk bisa menjaga kebersihan dan juga mengajarkan cara hidup sehat.

kangsapak.com jebakan tikus


Mungkin ada yang bertanya apakah rumah yang bersih akan terbebas dari tikus? jawabannya bisa saja iya, sebab rumah yang bersih bisa meminimalisir ruang dan sarang tikus. Kalau ngomong soal tikus memang bisa sedikit menjengkelkan, kok bisa. Tikus adalah hama, bukan hanya hama disawah saja tapi juga hama rumah. Maka dari itu bila rumah sudah ada tikusnya orang tersebut akan berusaha dengan berbagai cara bagaimana membunuh tikus, bukan hanya membunuh tikus saja tapi bagaimana cara menghilangkan tikus sebersih-bersihnya dari hama tikus.

Baiklah sahabat, disini kangsapak.com akan berbagi tips dan trik yang bisa dibilang mujarab kalau cara ini dikerjakan dengan benar, sebab mengendalikan hama tikus itu gampang- gampang susah. pokoknya jangan berkecil hati dulu sebelum berusaha, sebab semua permasalahan pasti ada penyelesaiannya. Sebelum membahas bagaimana cara membuat perangkap tikus ada baiknya kita ikuti tips pencegahan hama tikus.


Kebersihan Rumah

Semboyan orang ini hehee, rumah yang sehat terdapat pula keluarga sehat, rumah yang bersih dan sehat adalah kunci utama rumah bebas dari hama tikus. Jagalah kebersihan diri dulu dan rumah agar terbebas dari serangan hama tikus.

Selain indah dipandang, rumah yang bersih pastinya bersih dari hama-hama yang mengganggu kesehatan keluarga. Penataan ruang yang rapi dan tidak terlihat semrawut bisa mencegah terjadinya sarang tikus. Perlu diingat tikus suka tempat kotor dan ruangan yang semrawut serta ruangan yang tidak terpakai.

Kebersihan Lingkungan

Lingkungan rumah itu bisa halaman rumah juga halaman belakang rumah, sebaiknya ditata rapi. Kalau ada pohon-pohonan yang kurang bermanfaat sebaiknya dipotong agar terlihat rapi dan bawah pohon tersebut tidak dipakai sarang tikus. Rerumputan yang rimbun juga tempat kesenangan tikus, maka cukurlah rumputnya tapi kalau rumputnya tak bisa dirapikan maka baiknya dicabut saja.

Lingkungan adalah aset berharga dari rumah. Kalau lingkungan sekitar rumah bersih maka berujung pula kebersihan rumah sendiri. Lingkungan kurang terawat bisa jadi biang sarangnya tikus, untuk itu sering-seringlah dilihat apakah ada yang masih belum dibersihkan.

Bersihkan Sarang Tikus


Biasanya tikus itu suka tempat yang jarang dibersihkan atau suka tempat yang pengap dan amburadul serta jarang dilalui orang. Bersihkan dan buat serapi mungkin agar tikus tidak ada tempat untuk bersarang.

Disamping sarang tikus itu mengeluarkan bau tak sedap juga sarang tikus juga mengotori tempat. Bersihkanlah sarang tikus dan rapikan tempatnya agar tak sampai tikus mendatanginya lagi.

Jika sudah membersihkan rumah, membersihkan lingkungan rumah dan merapikan tempat sarang tikus maka kecil kemungkinan hama tikus akan mendatangi rumah, sebab tikus kalau ada tempat yang rapi dan bersih biasanya akan takut sendiri.

Terus bagaimana jika masih ada tikus yang berkeliaran? tentunya bikin sebal orang bukan. Pokoknya Jangan menyerah dulu, disini kangsapak.com akan membagikan ide atau trik cara membuat jebakan atau perangkap tikus sederhana sekali yang dibikin dari barang bekas dirumah dan bisa dibikin sendiri dirumah.

Siapkan dulu bahannya:

Tong bekas cat besar
Kaleng bekas minuman
Kawat atau besi kecil
Kayu kira-kira 1 meter
Selai kacang
Dan air secukupnya



Cara membuatnya:

Siapkan tong besar seperti tong bekan 25 kg. Lubangi samping kanan dan kiri atas yang sejajar lurus atau lubangi pas ukuran besi kecil tadi Sehingga nanti mudah untuk memasangnya.

Kemudian lubangi kaleng bekas minuman ringan tepat ditengahnya atas dan bawah gunanya untuk memasang kawat besi tadi.

Terus ambil kawat yang agak besar sedikit biar tidak mudah goyah dan mudah untuk memasangnya. Ambil kira-kira panjangnya seukuran diameter lubang tong tadi.

Ambil kaleng yang sudah dilubangi tadi terus masukkan kawat pada lubang tadi sampai ditengah-tengahnya kawat besi tadi.

Pasang kaleng yang sudah dipasangi kawat tadi ke lubang tong. Usahakan kawat tadi tidak goyah kekanan dan kekiri dan kaleng bisa berputar terus dan tidak seret.

Olesi kaleng tadi dengan selai kacang melingkari kaleng untuk dijadikan umpan tikus, kemudian isi tong dengan air seperempat tong saja biar tikus tidak bisa keluar.

Dan taruhlah rangkaian perangkap tikus tadi pada jalur yang sering dilewati tikus, bisa ditempat gudang yang banyak tikusnya. Kemudian pasang kayu untuk memudahkan tikus naik tong dan jangan terlalu dekat dengan kaleng, taruh ujung kayu di mulut tong.

Bagaimana sahabat cukup mudah bukan cara membuat perangkap tikus, cukup barang bekas saja bisa dipakai yang bermanfaat. Ok terima kasih semoga bisa bermanfaat sahabat.

No comments:

Post a Comment